Rabu, 14 Maret 2012

Stop Rugi dalam Belanja Online

Bagi anda yang senang belanja secara online karea sibuk kerja, atau memang cara termudah membeli barang yang anda butuhkan  hanay dengan belanja online, berikut ini adalah tips sederhana agar tidak rugi dalam belanaja online. Rugi yang saya maksudkan disini beragam macamnya mulai dari penipuan barang yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan, sampai dengan tidak dikirimnya baranang setelah anda telah melakukan transfer uang. Beikut ini tips terhidar dari penipuan saat belanja online:
  1. Extra hati-hati, jika iklan si penjual mengandung janji-janji yang terlalu muluk-muluk atau berlebihan (jangan mudah tergoda !).
  2. Mintalah informasi yang jelas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, kondisi barang, harga,cara pembayaran dan system pengiriman barang dll.
  3. Jika anda berada di kota yang berbeda dengan si penjual,mitalah tolong kepada saudara atau teman anda yang berada di kota penjual ( JIKA ADA) untuk mengecek keberadaan kantor/toko penjual seperti yang tertera pada alamat ( CEK TEMPAT dan BARANG ).
  4. Pilih Website yang mencantumkan ALAMAT, NO.TELEPON, NO. FAX yang jelas tentang keberadaan toko atau kantor si penjual. ( bukan yang hanya menampilkan no. telepon saja )
  5.  Jika tidak ada kerabat atau teman untuk mengecek, anda bisa cari informasi tentang penjual lewat akun FACEBOOK atau twitter atau media jejaring sosial lainnya.
  6. Lihat  info, foto, dinding dll dari akun facebook/twitter penjual untuk meyakinkan bahwa penjual memanglah benar-benar ada.
  7. Jika anda sudah yakin dengan identitas dari penjual ,silahkan anda melakukan pembelian dan melakukan pembayaran, tapi jika anda ragu ,sebaiknya jangan melakukan traksaksi dengan penjual tersebut.
  8. Tidak semua toko online dengan web/blog gratisan PENIPU ada juga yang pakai .com/.co.id malah penipu. Kejelian anda yang menentukan.
Semoga tips ini dapat membantu anda terhindar dari kerugian.

1 komentar:

  1. Kalo saya benar-benar penjual lho gan, cek aja di search engine google, bing, atau yahoo atau lainnya.
    Tambahan aja ya paling gampang ketik aja nomer hp penjual online di google trus search. Kalo penipu biasanya ada yang posting.

    BalasHapus