Selasa, 27 Maret 2012

Tips Jualan di Kaskus


Kaskus merupakan forum terbesar di Indonesia, dan kaskus telah dikenal dengan forum jual-belinya, yaitu salah satu sub forum yang di khususkan bagi mereka yang ingin menjual atau mebeli produk. 

Tips Jualan di kaskus termasuk memasang iklan atau jualan di kaskus, jual beli produk atau jasa, pemilihan buyer dan mekanisme pembayaran supaya terhindar dari penipuan dll. Jual beli di kaskus sudah populer sejak kaskus diluncurkan. Sebagai forum dengan komunitas yang sangat besar di Indonesia, kaskus merupakan peluang bisnis yang menjanjikan bagi pengguna kaskus.
Ada banyak category di forum kaskus, tapi yang menarik bagi pebisnis online adalah forum Jual Beli-nya. Sayapun sudah pernah merasakan bagaimana nikmatnya membuka lapak di forum kaskus untuk menjual produk-produk dan jasa online saya. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa forum kaskus cocok untuk berjualan, yaitu :
  1. Pengunjungnya termasuk tinggi dan minat pengunjung untuk membeli dan menjual barang juga bagus, sehingga kita seperti berada dalam pasar yang ramai pembeli dan penjual
  2. Program di kaskus sudah di-extend sehingga bisa mengakomodasi proses pasang iklan dan pencarian barang.
  3. Category jualan juga terorganisir dengan baik, sehingga memudahkan pembeli untuk mencari barang yang diinginkan termasuk menguntungkan pedagang atau penjual untuk mendapatkan potensial customer.
  4. Admin kaskus tanggap dan rajin memonitor forum jual beli.
  5. Antar sesama pengunjung aktif memberikan testimoni tentang penjual ataupun pembeli. Ini memudahkan kita menyeleksi penjual dan pembeli yang benar-benar serius bukan penipu.
  6. Masih ada banyak lagi kalo disebutkan satu-satu, seperti misalnya server tidak lambat dan relatif bagus responnya, sistem jual beli yang tergolong fair dan mekanisme rekening bersama.
Cara menjual barang di kaskus, bagi Anda yang ingin memasarkan produk atau barang dan jasanya di forum kaskus, caranya sebagai berikut :
  1. Menjual tentunya harus ada barang atau jasa yang anda tawarkan, pilih barang dan jasa yang benar-benar anda miliki atau anda jual. Jangan sekali-sekali menawarkan barang dan jasa yang tidak bisa anda handle. Ini bisa menjurus ke penipuan, hehe.
  2. Setelah anda menentukan barang dan jasa yang Anda jual, masuk ke forum jual beli, kemudian pilih kategory yang sesuai untuk produk Anda ( Barang dan Jasa tadi ). Misalnya anda menjual pie susu, maka cari kategori Food, Drink & Medicine kemudian Makanan & Minuman. Jangan sekali-sekali membuka lapak atau thread di kategori yang salah karena thread anda bisa di delete dan bisa juga account anda didelete. Jadi pastikan anda memilih kategori yang sesuai dengan produk anda. Ini penting juga untuk pembeli dalam mencari produk yang diinginkan.
  3. Pada halaman category, perhatikan thread teratas biasanya berisi informasi penting tentang aturan, berita dan tips yang berhubungan dengan category tersebut. Thread ini pada bagian judul tidak dicetak tebal. Dibawah thread-thread ini adalah kompetitor atau pembeli Anda.
  4. Di depan setiap thread ada informasi JUAL dan BELI. JUAL berarti user tersebut menjual barang, BELI berarti ada user yang ingin membeli suatu barang dan mengharapkan rekomendasi atau proposal dari anda.
  5. Jika Anda baru menggunakan kaskus, coba bermain-main sedikit dengan mencoba browsing ke thread-thread jualan di category tersebut. Cari apa yang menjadi kebiasaan penjual lain dan istilah yang digunakan contohnya lapak, sundul, ts, cod dll.
  6. Ada banyak orang yang menjual produk sejenis, jadi pastikan anda memiliki nilai lebih, misal harga lebih murah, kualitas lebih bagus, service memuaskan, cepat merespon lapak, ramah, pengiriman cepat dan lain-lain. Terapkan ide-ide kreatif anda untuk memancing pembeli.
  7. Karena ada banyak penjual maka otomatis lapak juga semakin banyak. Anda harus memikirkan bagaimana caranya supaya lapak atau thread anda berada di halaman pertama terus karena pengunjung logikanya hanya akan membuka halaman-halaman depan saja dari forum tersebut. Saya akan coba menjelaskan tips untuk menaikkan posisi lapak atau thread anda di forum kaskus pada bagian lainnya.
  8. Untuk memulai sebuah lapak, tekan tombol SELL NOW di bagian atas daftar thread.
  9. Masukkan informasi yang dibutuhkan. Category adalah pilihan category yang disebutkan diatas, Anda bisa merubahnya disini. Kemudian Title ada 4 pilihan (no prefix), JUAL, BELI, TERJUAL. Saran saya gunakan JUAL karena lebih terlihat maksud lapak tersebut. Kemudian isi text disebelahnya dengan kata-kata yang memancing. Title akan muncul di daftar thread tiap kategori. Kemudian Kondisi Barang ada pilihan Baru, Bekas, Reject. Jika anda menjual barang second pilih Bekas dan begitu juga pilihan lainnya. Pada bagian harga masukkan harga per item, jika dalam satu lapak ada banyak jualan masukkan harga salah satu produk Anda. Kemudian iklan-iklan produk anda yang berupa teks dan gambar dimasukkan ke bagian Message. Informasi pemesanan juga disertakan di bagian ini. Setelah semua terisi click tombol Create New Listing.
  10. Selesai, sekarang anda sudah memiliki sebuah lapak. Apa selesai sampai disini, tidak karena anda perlu memaintain lapak Anda. Seperti disebutkan diatas sistem jual beli di kaskus cukup fair, jadi thread yang termaintain dengan bagus akan mendapatkan posisi yang bagus pula. Jadi pelajari teknik memaintain lapak di kaskus.
Tips menarik pembeli di kaskus
Seperti disebutkan diatas, lapak sama seperti toko, ada banyak penjual yang bersaing menjual produk yang sama. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga banyak calon pembeli yang masuk ke thread anda, contohnya
  1. Tulis judul atau title yang singkat, padat dan menarik
  2. Minta testimoni dari pembeli Anda yang sudah pernah menggunakan jasa atau membeli produk anda. testimoni adalah sebuah kesan dan pesan dari seseorang yang membeli barang di lapak Anda.
  3. Pasang testimoni di bagian Message, sehingga semakin banyak calon pembeli yang percaya dengan kualitas Anda dan produk Anda.
  4. Ramahlah dalam menanggapi pertanyaan dari calon pembeli. Karena customer adalah raja, walaupun anda tidak bertemu muka dengan pembeli anda, tapi komunikasi harus tetap berjalan dengan baik.
  5. Bangun branding Anda dan kredibilitas Anda sebagai penjual. Anda juga bisa menjadi donatur kaskus untuk menaikkan kredibilitas Anda. Cara lain tentunya harus dibangun sejak awal karena hal ini menyangkut kepercayaan pembeli ke anda.
Mekanisme pembayaran di jual beli kaskus
Ada banyak pilihan untuk mekanisme pembayaran untuk jual beli di forum kaskus, yaitu
  1. COD : Cash On Delivery, artinya barang dibayar ditempat
  2. Transfer antar Bank
  3. Rekening Bersama Kaskus
  4. Tukaran barang dan jasa
Masing-masing mekanisme ada kekurangan dan kelebihannya. Contoh COD, kemungkinan pembeli mengingkari pembelian barang setelah melihat kondisi barang Anda. Transfer Antar Bank dari sisi penjual adalah pilihan yang terbaik, karena barang dikirim setelah uang diterima. Namun bagi pembeli mungkin bisa mengurangi kepercayaan pembeli kepada penjual seandainya uang sudah dikirim tapi barang tidak dikirim-kirim.
Rekening Bersama Kaskus mungkin sistem yang paling aman, namun sepertinya masih jarang digunakan karena agak ribet. Selama ini saya bertransaksi menggunakan cara kedua yaitu Transfer Antar Bank dan belum menemui masalah dan semoga tidak pernah. Penting bagi kita menjaga kepercayaan penjual dan pembeli.
Semoga tips jualan di forum jual beli kaskus ini bermanfaat bagi anda dalam memasarkan dan mencari barang yang anda inginkan. Ada banyak hal yang perlu dipelajari, yang terpenting adalah anda harus menyelami sendiri seluk beluk jualan di kaskus. Semakin banyak pengalaman semakin yakin anda dengan lapak Anda.

5 komentar:

  1. makasih infonya, bermanfaat!

    www.bukadistro.com

    BalasHapus
  2. Terimakasih,info nya.karna saya lagi belajar promosi produk variasi plat mobil

    BalasHapus
  3. Makasih.
    http://variasiplatnomer.blogspot.com

    BalasHapus
  4. makasih bro... saya lagi buka toko baru di jual headset original... makasih banyak masukkannya

    BalasHapus