Senin, 27 Februari 2012

Panduan Riset Keyword Cara Pertama

Berikut ini adalah panduan Riset Keyword, dimana kegiatan riset keyword adalah hal paling penting untuk memenangkan pertarungan anda dalam membesarkan toko online yang anda kelola.

Langkah Pertama:
Keyword ide; adalah keyword yang berupa topik umum tentang suatu hal, biasanya terdiri dari satu – dua kata saja, misalkan: electronics, weight loss, furniture, dll. Jika anda sudah menentukan keyword ide nya untuk website anda nanti, lakukanlah riset keyword untuk ide atau topik anda tersebut. Sebagai contoh saya akan menggunakan keyword ide “Birthday”, artinya saya akan membuat website seputar tentang Birthday.
Target dari langkah pertama ini adalah mencari “Keyword Utama” untuk website anda.
Kita bisa gunakan fasilitas atau tools gratis yang ada di internet, yaitu “Google Keyword Tool External”, masukan keyword anda disana dan klik tombol “Get keywords ideas”, hasil dari keyword saya kira-kira seperti gambar ini:
Google Keywoord Tool External
Google Keywoord Tool External
Jika anda lihat gambar diatas, jumlah pencari kata “birthday” di google.com pada bulan May sebesar 30jutaan, itu artinya keyword tersebut punya potensi traffic sebesar 30juta per bulan! Tapi anda tidak bisa begitu saja gunakan keyword itu sebagai keyword topik website, karena ada satu hal yang perlu dipertimbangkan yaitu jumlah website pesaing yang juga menggunakan keyword tersebut.
Cara untuk melihat pesaing, anda bisa gunakan search engine google untuk melihatnya. Dan ingat, selalu gunakan tanda kutip dua untuk pengecekan ini.
Lihat gambar dibawah ini:

Search Engine Google
Search Engine Google
Wow… pesaing untuk kata kunci birthday terlalu besar, 265juta! Sangat tidak bijaksana jika anda menggunakan keyword “birthday” untuk topik website, karena boleh dibilang hampir tidak mungkin website anda akan menduduki posisi pertama untuk keyword tersebut.
Pertanyaannya, bagaimana langkah selanjutnya jika ingin membuat website dengan topik seputar birthday?
Jawabanya: cari keyword turunannya atau biasa disebut “long tail keyword” untuk hasil search keyword digambar pertama tadi, misalnya saja mencari keyword turunan dari keyword “birthday party” dengan melakukan lagi riset seperti Langkah Pertama dari awal.
Alhasil, setelah melakukan beberapa kali riset tahap awal ini saya mendapatkan keyword “birthday party supplies” sebagai keyword utama untuk website saya.
Kuncinya: lakukan langkah pertama ini berulang-ulang (tergantung dari keyword nya) jika pesaingnya masih masih terlalu besar. Formulanya “cari jumlah pencari yang banyak dalam sebulan, tapi yang sedikit pesaing nya (dibawah 10juta)”
Semakin banyak jumlah pencari dengan kata kunci atau keyword tersebut dan semakin kecil jumlah pesaing pada result search engine google, maka semakin bagus keyword itu (istilahnya niche keyword)
Jika anda sudah menemukan Keyword Utama yang tepat bagi topik website anda sebagai internet marketing Indonesia, langkah selanjutnya adalah mencari keyword – keyword pendukung keyword utama, supaya website anda nanti mudah mencapai halaman pertama di search engine google. Dengan begitu, website anda mempunyai peluang lebih besar untuk mendapatkan traffic gratis (organic traffic) atau pengunjung dari internet.


Langkah Kedua
Gunakan google keyword tool external untuk mencari turunan dari keyword utama anda. Dan caranya hampir sama seperti mencari keyword utama pada langkah pertama, lihat gambar dibawah:

Google Keyword Tool External
Google Keyword Tool External
Pindahkan hasil keyword tersebut kedalam excel. Anda bisa klik teks link dibawah hasil itu ada tulisan  “Download all keywords:”, pilih yang .csv (for excel).
Setelah selesai download, sekarang lakukan riset untuk mencari jumlah pesaing dari masing-masing keyword dengan menggunakan search engine google di google.com. Diingatkan sekali lagi, selalu gunakan tanda kutip dua untuk pengecekan pesaing di search engine google ini.
Search Engine Google
Search Engine Google
Masukan semua nilainya ke masing-masing keyword yang anda riset tadi, kira-kira hasilnya nanti di excel, anda akan memiliki list keyword seperti gambar dibawah ini:
Penting:  semakin kecil nilai pesaing, maka keyword itu semakin bagus untuk kita gunakan, selama jumlah search/pencarinya banyak.
hasil Riset Keyword
hasil Riset Keyword
Nah.. dengan mempersiapkan keyword seperti ini, anda sudah bisa memperkirakan seberapa ramai nanti kira-kira traffic menuju website anda. Keyword utama akan didukung oleh keyword-keyword turunannya yang sejenis dibawahnya.
Hasil keyword list yang ada di excel itu bisa digunakan untuk:
- Menentukan nama domain apa yang cocok untuk website anda.
- Buatlah website blog, akan lebih bagus dengan WordPress (recommended). Dan setiap keyword yang ada di list tadi dijadikan bahan untuk satu artikel, jadi tiap artikelnya bahasannya tergantung dari masing-masing keyword.

Jumlah list keyword untuk masing-masing keyword utama bisa berbeda-beda, semakin banyak suatu keyword bisa men-generate banyak keyword turunannya, itu semakin bagus. Artinya, kalo kita punya 100 keywords, boleh dibilang sama saja kita nanti akan memiliki 100 postingan artikel di website blog kita, yang diposting 1-2 hari 1 kali.

Panduan Riset Keyword ini merupakan karya Cipta orang lain, kami di sini hanya share bagaimana Tipsnya, link sumber tetap kami cantumkan sebagai wujud apresiasi atas karya yang bersangkutan

1 komentar: